Sunday, 19 April 2015

Pengertian dan Sejarah Delphi

  No comments

Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Kata Delphi sendiri berasal dari bahasa yunani yang berarti kuil yang dibangun untuk menyembah dewa apollo, salah satu dewa yang disegani oleh orang-orang yunani selain dewa-dewa lain seperti jupiter, titan dan lain sebagainya. Delphi awalnya sebuah proyek penelitian rahasia di borland yang berevolusi menjadi sebuah produk yang disebut AppBuilder. Borland sebagai pengembang perangkat lunak yang sudah ada sejak era 1980an menggunakan ikon dan nama delphi sebagai salah satu perangkat lunak pembantu develover untuk membuat program yang sudah mengarah ke pemrograman yang berorientasi pada objek atau dikenal dengan istilah OOP (Object Oriented Programming).
        Salah satu tujuan asli dari delphi adalah untuk menyediakan konektivitas database untuk develover sebagai kunci dan sebuah paket database yang populer pada saat itu adalah database oracle, maka pada saa itu terdapat istilah “Jika Anda ingin berbicara dengan Oracle, lakukan dengan Delphi”.
Sejarah munculnya delphi dimulai dengan ide brilian Prof. Niclaus Wirth yang mengemukakan paparan tentang struktur data dan algoritma (Algorthm and Data Structure). Prof. Niklaus Wirth menerjemahkan paparan ini yang kemudian dikristalisasi ke dalam bahasa yang populer dan digunakan pertama kalinya sebagai bahasa yang berorientasi pada hal-hal yang science dan ilmiah yaitu pascal. Pascal sendiri kemudian distandarisasi ke dalam ansi pascal oleh badan standarisasi amerika serikat (ANSI). Kemudian pada, 20 Nopember 1983, borland melakukan riset untuk menerjemahkan ide dari kristalisasi ansi pascal (Pascal yang distandarisasi) yang kemudian menelurkan compiler pascal ke dalam pengembangan perangkat lunaknya yaitu Turbo Pascal 1.0. Turbo Pascal 1.0 yang berjalan pada sistem operasi PC/MS DOS dengan keterabatasan memori yang saat itu hanya bisa berjalan pada ukuran 1 Mbyte saja. Dari penemuan Turbo Pascal inilah akhirnya Delphi diciptakan.
Pada November 2006, Borland membentuk subdivisi Developer Tools Group yang sepenuhnya berfokus pada produktivitas pengembang perangkat lunak untuk memaksimalkan pengembangan delphi yang diberi nama Code Gear. Selanjutnya pada bulan Mei 2008, Embarcadero Technologies, perusahaan software database tools dan application development tools yang berbasis di Amerika membelinya hingga saat ini dikenal dengan nama “Embarcadero”. Embarcadero diharapkan dapat menciptakan penyedia perangkat lunak independen atau alat pengembangan dan database terbesar di dunia. Embarcadero sendiri adalah sebuah perusahaan swasta yang menguasai, dan memberikan alat-alat database yang profesional pada perusahaan untuk merancang, mengembangkan dan mengelola database. Produk mencakup: ER / Studio, DBArtisan, Rapid SQL.
Embarcadero Technologies, selaku develover pengembang produk compiler Delphi. Saat ini juga tidak ingin ketinggalan dengan selalu merilis produk-produknya secara berkala. Beberapa tahun terakhir, hampir setiap tahun Embarcadero selalu merilis produk Delphi dan menawarkan fitur-fitur baru serta memperbaiki bug-bug yang ada di versi-versi sebelumnya. Bahkan untuk tahun 2010, Embarcadero Sudah merilis produk Delphi di Indonesia sampai dua kali, yaitu Delphi 2010 dan Delphi XE. Ini bukti bahwa secara tidak langsung Embarcadero semakin memperhatikan perkembangan Delphi di Indonesia, mengingat pasar pengembang perangkat di Indonesia juga tumbuh dengan pesat dalam sekian tahun terakhir. Secara umum, tentunya langkah tersebut diambil oleh Embarcadero untuk selalu menghadirkan produk Delphi yang selalu Up To Date dan menjadi pilihan bagi pengembang perangkat lunak untuk dapat menghasilkan produk-produk aplikasi yang andal dan bisa bersaing di pasar global.
Umumnya Delphi lebih banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop dan enterprise berbasis database, tetapi sebgai alat pengembeng bersifat general purpose ia juga mampu dan dapat digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software. Hingga saat ini, Delphi sudah mencapai versi yang paling stabil dan memiliki performance lebih baik jika dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya. Versi terakhir dari produk Delphi yang dirilis oleh Embarcadero diberi nama “Delphi XE7”. Kini ia pun sudah hadir dengan Update XE7 1 yang menjawab beberapa isu yang menjadi bug dari Delphi XE7.
Apa itu XE? Sebenarnya XE adalah sebuah versi rilis dari hampir semua produk yang dikembangkan oleh Embarcadero, termasuk Delphi XE, C++ Builder XE, Prism XE, RAD PHP XE dan sebagainya. “X” disini berarti bermacam-macam, sedangkan “E” adalah Embarcadero. Jadi Delphi XE disini diartikan sebagai sebuah produk Delphi yang bisa menangani berbagai macam kelebihan. Pada versi terbaru Delphi juga mampu digunakan untuk multi-platform. Ini adalah fitur dimana programmer dapat menciptakan berbagai jenis aplikasi hanya dalam satu Code Editor, di antaranya: Windows, OSX, iOS, dan Android. 

            Sejarah versi- versi Delphi
1.    Borland Delphi 1 (windows 3.1/16bit)
Borland Delphi 1 dirilis pada tahun 1995, untuk aplikasi 16-bit Windows 3.1 dan merupakan contoh awal dari apa yang kemudian dikenal sebagai Rapid Application Development (RAD). Delphi 1 adalah penerus Turbo Pascal dan Borland Pascal, sangat sedikit cepat dalam men-compile aplikasi 16bit. dengan canggihnya perusahaan ini, memiliki Integrated Development Environment (IDE) dan toolkit antarmuka pengguna grafis untuk DOS (Borland Pascal ditambah Windows IDE dan juga kode generasi Windows ). Seperti Turbo Pascal.

2.    Borland Delphi 2 (windows 95/Delphi 32bit)
Borland Delphi 2, dirilis pada tahun 1996, yang didukung 32-bit aplikasi windows. Yang didalamnya termasuk Delphi 1 dan dibundel bersama-sama untuk menciptakan 32bit aplikasi windows 3.1.

3.    Borland delphi 3 (windows 95 keatas)
Borland Delphi 3 dirilis pada tahun 1997, yang merupakan versi klasik dari delphi. Tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya hanya saja ada sedikit tambahan fitur internet atau web.

4.    Borland delphi 4  
Borland delphi 4 dirilis pada tahun 1998, Borland kembali merevisi ulang Delphi 3 dan menelurkan produk Borland Delphi 4.

5.    Borland delphi 5
Borland delphi 5 dirilis pada tahun 1999, Borland kembali merevisi ulang Delphi 4 dan menelurkan produk Borland Delphi 5.

6.    Kylix For Linux
Kylix dirilis pada tahun 2001, yang merupakan sebuah versi linux dari Borland delphi.

7.    Borland Delphi 6
Borland Delphi 6 dirilis pada tahun 2001, Borland kembali merevisi ulang Delphi 5 dan menelurkan produk Borland Delphi 6.

8.    Borland Delphi 7
Borland Delphi 7 dirilis pada tahun 2002, Borland kembali merevisi ulang Delphi 6 dan menelurkan produk Borland Delphi 7.

9.    Borland Delphi 8.NET
Borland Delphi 8 dirilis pada tahun 2003, bertepatan dengan The Mother Day alias Hari Ibu Nasional, Borland melakukan migrasi untuk memindahkan platform Delphi ke arah pemrograman .NET (dot NET) dengan menelurkan produk Borland Delphi 8 for .NET.

10.    Borland Developer Studio 2005
Borland Developer Studio 2005 dirilis pada tahun 2004, Borland menggabungkan pengembangan perangkat lunak C# dan Delphi ke dalam satu kendali Integrated Develompment Environment (IDE) dengan menelurkan produk Borland Delphi 2005.

11.    Borland Developer Studio 2006
Borland Developer Studio 2006 dirilis pada akhir tahun 2005, Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak Delphi Developer Studio 2005 ke dalam perangkat lunak baru Borland Developer Studio 2006.

12.     CodeGear RAD Studio 2007
CodeGear RAD Studio 2007 dirilis pada tahun 2007, versi ini merupakan versi pertama dari CodeGear.

13.    Embarcadero RAD Studio 2009
Embarcadero RAD Studio 2009 dirilis pada tahun 2009, setelah Borland dan CodeGear sah dijual kepada Embarcadero tahun 2008. Embarcadero RAD Studio 2009 menambah banyak fitur baru seperti VCL dan RTL untuk pendukung Unicode, serta sebuah produk baru Delphi Prism untuk pembangunan .NET.

14.    Embarcadero RAD Studio 2010
Embarcadero RAD studio 2010 dirilis pada tahun 2009, Embarcadero Technologies kembali merevisi ulang perangkat lunak Embarcadero RAD Studio 2009 ke dalam perangkat lunak baru Embarcadero RAD Studio 2010. Salah satu fitur baru yang mendukung teknologi layar sentuh.

15.    Embarcadero RAD Studio XE
Embarcadero RAD studio XE dirilis pada tahun 2010, Embarcadero Technologies kembali merevisi ulang perangkat lunak Embarcadero RAD Studio 2010 ke dalam perangkat lunak baru Embarcadero RAD Studio XE (alias dephi 2011 dengan kode nama fulcrum). Dilanjutkan dengan versi XE2, XE3, XE4, XE5, XE6.

16.    Embarcadero RAD Studio XE7
Embarcadero RAD Studio XE7 dirilis pada bulan september 2014, dengan kode nama carpathia. 

No comments :

Post a Comment

Pesan untuk komentar